Kanker payudara: Gejala, pencegahan, dan pengobatan

Kanker payudara: Gejala, pencegahan, dan pengobatan,- kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling sering menyerang wanita. Anda pun sebaiknya waspada dengan penyakit mematikan yang satu ini. Simak selengkapnya penjelasan tentang kanker payudara, gejala, pencegahan, dan cara pengobatan berikut ini:

Kanker payudara

Kanker merupakan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol di dalam tubuh seseorang. Sementara kanker payudara adalah kanker yang pertumbuhannya berawal dari jaringan payudara. Sama seperti jenis kanker yang lain, sebenarnya kanker payudara dapat disembuhkan apabila terdeteksi secara dini.

Gejala

Gejala kanker payudara bisa berupa benjolan pada payudara atau bagian ketiak, retraksi (tertarik ke dalam) puting, perubahan payudara dan puting, dan perubahan warna kulit pada bagian payudara dan sekitarnya. Meskipun demikian, kanker berusia dini jarang bisa terdeteksi gejala tersebut di atas. Gejala-gejala ini biasanya disebabkan karena kehamilan di usia senja dan jumlah anak yang terlalu sedikit atau durasi menyusui yang singkat. Risiko kanker payudara pun meningkat seiring bertambahnya usia wanita, selain itu sejarah keluarga yang pernah terjangkit kanker ini juga meningkatkan risiko sebesar dua sampai tiga kali lipat.

Pencegahan

Pemeriksaan rutin perlu di lakukan setiap satu bulan sekali untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang mungkin sedang berkembang di dalam tubuh. Wanita di atas usia 40 tahun disarankan melakukan mammogram, sementara wanita dengan sejarah keluarga kanker payudara dianjurkan menjalani mammogram di atas usia 35 tahun. Mammogram dipercaya mampu mendeteksi kanker payudara sejak dini, sehingga penderita kanker pun memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa sembuh.

Pengobatan

Setelah kanker payudara terdeteksi, ada banyak penyembuhan yang bisa di lakukan sesuai yang bisa di lakukan sesuai dengan stadium yang di alami. Ada banyak jenis pengobatan kanker payudara, misalnya lumpektomi (operasi pemotongan benjolan pada payudara), mastektomi (mengangkat payudara seluruhnya), kemoterapi, terapi radiasi, dan pengobatan normal.

Meskipun berbagai jenis proses penyembuhan telah di lakukan, namun hal yang paling penting adalah melakukan pengobatan secara rutin. sebab kontinuitas merupakan hal yang paling penting untuk mencegah sel kanker kembali berkembang.

Posted by : obatlukadiabetes.gov7.net